Alat Ini "Dewa Penolong" Satgas TMMD Langsir Material

WartaMiliter.com : PURBALINGGA - Gerobag dorong benar-benar menjadi alternatife pililhan yang paling sederhana dilokasi pengerasan jalan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702/Purbalingga. Keberadaan alat konvensional ini benar-benar menjadi "dewa penolong" bagi para Satgas dan warga, baik melangsir batu, pasir, batu bata maupun mengangkut semen.

 

Gerobag dorong atau songkro ini sangat besar peranannya dalam mempercepat perampungan sasaran fisik TMMD seperti pengerasan jalan, pembangunan talut, rehab RTLH maupun pembuatan 4 unit gorong-gorong.

 

Menurut Fiyan, anggota Saka Wira Kartika yang plotingnya dilokasi Makadam mengatakan “Bukan mendewakan gerobag dorong, melainkan karena faktanya pemanfaatan alat ini di hampir tiap bagian pekerjaan TMMD, memanfaatkan gerobak dorong tersebut untuk mempercepat dan memperlancar pekerjaan”.

 

''Terutama di lokasi RTLH dimana lokasinya ada yang digang-gang sempit, sehingga untuk melangsir material seperti pasir, semen, batu bata dan batu gunung mengandalkan gerobag dorong. Lebih hemat, cepat dan efiesien dan ditanggung bisa sampai ke tempat yang susah dijangkau kendaraan roda empat'' ungkapnya.

 

Meskipun dropping material tidak tepat ke sasaran langsung dan harus dilanjutkan dengan peralatan kerja konvensional (songkro) ataupun dilangsir manual, para anggota Saka Wira Kartika ini terlihat tetap bersemangat dilokasi yang ditugaskan.

Index Berita