Keterbatasan Fisik Tak Jadikan Halangan “Sudi” Bantu TMMD

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA – Keterbatasan fisik seseorang bukan menjadi halangan dalam berkarya membangun bangsa, juga bukan status sosial antara si cacat maupun yang normal. Tuhan Maha Adil, orang yang mempunyai kekurangan fisik pasti diberikan kelebihan dalam hal lainnya.

 

Sudi (50), warga Rt.08 Rw.03 Desa/Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga, cacat lahir hasta, ukuran panjang tangan kirinya tidak normal daripada kanan. Sudi mempunyai keahlian dalam ilmu pertukangan dan hasil bangunan dari tangannya sangat rapi dan presisi.

 

Cacat yang didapatkannya dari lahir tidak membatasinya untuk berkarya membantu warga tetangga serta dalam membangun di desanya melalui TMMD Reguler Ke-101 Kodim 0702/Purbalingga.

 

Dalam bekerja, Sudi cenderung menggunakan tangan kanannya yang ukurannya normal, dia tidak malu berlumuran semen, justru kitalah yang harus malu dengan semua pemberian Tuhan yang lengkap namun kita kadang lupa untuk mensyukurinya. Kadang kita iri dengan wajah tampan, cantik, tinggi dan pendek badan bahkan kekayaan seseorang. Kekayaan seseorang kadang tidak dibarengi dengan kesehatan. Untuk apa kita kaya namun tidak bisa makan enak karena sakit. Yang paling parah adalah, diberikan kekayaan namun lupa membantu sesama. Hanya kitalah yang lebih tahu jawabannya.

 

Dengan keterbatasan fisiknya, hari ini Sudi melanjutkan pekerjaannya merehab rumah Rochimin (39) Dukuh Karang Bawang Rt. 07 Rw. 02 Desa Karangjambu. Minggu (15/4/18). Ia nampak sangat bersemangat apalagi ada bantuan dari Satgas TMMD dan Anak-anak Saka Wira Kartika yang jarang ia temui, yang biasa membantunya adalah kenek dari warga sekitar.

 

"Kulo sagete ngaten Pak, kulo ikhlas lahir bathin ngrewangi Rochimin, kulo yakin sanget gusti pengeran ingkang maringi piwales kathah" (Saya bisanya seperti ini Pak, saya ikhlas lahir bathin membantu Rochimin, saya sangat yakin Tuhan akan memberikan balasan yang banyak – red) pungkas Sudi merendah.

Index Berita