Mancing Mania Di Desa Purwotengah, Sertu Edi Jalin Komunikasi Interaktif

INDONESIASATU.CO.ID:

Kediri. Kolam pemancingan yang berada di Desa Purwotengah, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, menjadi lokasi mancing mania untuk menghibur diri, sekaligus mengais hasil ikan. Kolam pemancingan ini dijadikan subjek menggandeng warga sekitar, untuk bisa menjalin komunikasi lewat kegiatan-kegiatan yang positif dan interaktif.

Babinsa Purwotengah, Edi Suwarno, melihat potensi komunikasi sosial bergenre “Mancing Mania Babinsa”, ia bisa berinteraksi langsung dengan mancing mania yang ada di lokasi tersebut. senin (4/2/2019)

Dari keterangan Sertu Edi, dalam sehari, mancing mania bisa menggondol ikan seberat 8 kg, tetapi hal itu jarang terjadi. Rata-rata, mancing mania memperoleh ikan dikisaran berat 3 hingga 5 kg dalam seharinya.

Umumnya mancing mania bakal nongkrong berjam-jam di lokasi ini, bahkan ada yang sedari sore hingga hampir menjelang subuh, masih tetap berada di lokasi tersebut. Entah itu memang hobi atau memang waktu itu benar-benar tidak ada aktifitas lainnya selain memancing.

Areal pemancingan tersebut ada 2 kolam, dan masing-masing kolam berukuran 9 x 9 meter. Kedalaman kolam itu mencapai 1,5 meter, bisa dikatakan lebih dari cukup untuk menampung ratusan ikan-ikan berukuran besar maupun kecil.

Menurut Sertu Edi, berbagai jenis ikan ditebar, namun tidak sembarang ikan, lantaran ada waktu atau hari-hari yang ditentukan oleh si pemilik kolam pemancingan. Khusus hari senin sampai dengan jumat, kolam diisi campuran ikan tawar yang biasa didapat di sungai-sungai, hari sabtu, kedua kolam diisi ikan lele, sedangkan hari minggu, kolam diisi ikan nila dan ikan mas.

Dikarenakan kolam tersebut memang berstatus pemancingan, wajar bila mancing mania mudah sekali mendapatkan ikan. Berbeda jauh bila mancing mania memancing di Sungai Brantas, yang notabene berbagai jenis ikan ada.

Umpan yang digunakan mancing mania relatif bervariasi, tergantung keinginan mereka, sesuai dengan jam terbangnya di dunia mancing ikan. Tidak sekedar umpan ikan yang berbeda, trik untuk memperoleh hasil ikan yang banyak, tiap-tiap mancing mania memiliki metode masing-masing.

Bagi Sertu Edi, tempat pemancingan tidak sekedar tempat orang memancing ikan, tetapi bisa dijadikan sarana komunikasi dengan warga setempat. Dari komunikasi inilah, berbagai informasi terkait apa saja yang ada di Desa Purwotengah, didengarnya. (aang)

 

  • Whatsapp

Index Berita