3 Warga Kontak Erat Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kaligondang Jalani Swab Test

3 Warga Kontak Erat Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kaligondang Jalani Swab Test
Babinsa Serda Agus PK turut memantau pelaksanaan Swab test di wilayah binaannya


PURBALINGGA - 3 orang di Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang, jalani swab test di rumahnya menyusul salah satu anggota keluarganya ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 (17/9/2020).

Kejadian bermula karena M (51) yang sebelumnya merantau di Jl. Kemuning Raya RT 04/RW 05 Bojong Menteng, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi  melaksanakan mobilisasi ke kampung halamannya di Purbalingga mengalami sakit dan dirawat di RS Nirmala Purbalingga. Setelah melalui serangkaian tes, M dinyatakan positif Covid-19.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi penularan, sesuai SOP, riwayat kontak pasien harus ditracking untuk dilakukan swab test memastikan kondisi kesehatannya. Sesuai hasil tracking M telah Kontak dengan istrinya S (45), kemudian EN (27) seorang mahasiswa yang merupakan  warga RT 03/RW 05 Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang, dan Sk (43) yang beralamatkan sama dengan EN. 

Ketiganya menjalani swab test  oleh Puskesmas Kaligondang dan petugas dari Dinkes Purbalingga yang pelaksanaannya turut dipantau oleh Kades Sidanegara Paryono, Serda Agus PK  Babinsa Koramil 02/Kaligondang untuk desa Sidanegara, Bhabinkamtibmas Bripka Icuk dan Kadus 3 Radiyono.

Diungkapkan oleh Anjarwati, A.Md salah satu petugas dari Puskesmas Kaligondang bahwa kegiatan ini memang prosedural yang harus ditempuh.

"Sesuai SOP, bila ada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 padanya akan ditracking siapa saja yang telah kontak erat dengannya untuk selanjutnya menjalani swab test. Swab test dilaksanakan 2 kali pengambilan sampel, kemudian akan dikirim ke laboratorium untuk dicek, biasanya paling cepat 2 sampai 3 hari hasil sudah dapat diketahui, " paparnya.

Di tempat yang sama Babinsa Serda Agus yang turut memantau jalannya kegiatan ini menuturkan, " tidak usah panik berlebihan, karena bila panik dapat menurunkan ketenangan psikis yang justru dapat membuat daya tahan tubuh melemah, patuhi aturan petugas, terutama protokol kesehatan diri dan PHBS agar ditingkatkan supaya tidak muncul pasien terkonfirmasi positif lagi, " harapnya.

(Satria Ferry)