99 Warga Binaan Terima Remisi di HUT RI Ke-75

99 Warga Binaan Terima Remisi di HUT RI Ke-75
Kasdim 0702/Purbalingga Mayor Inf Ahmad saat turut dalam kegiatan pemberian Remisi warga binaaan di Lapas Kelas IIB Purbalingga

PURBALINGGA - Momentum HUT Kemerdekaan RI ke-75 ternyata juga dinikmati oleh 99 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Purbalingga.
Pasalnya, ke 99 warga binaan tersebut menerima remisi atau pengurangan masa tahanan.

Pemberian remisi ini diberikan pemerintah melalui Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Purbalingga dengan menyambangi langsung Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Purbalingga, (17/8/2020).

Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Purbalingga Lindu Prabowo, bahwa dari 131 narapidana yang ada di Rutan tersebut kali ini baru 99 orang saja yang memenuhi syarat untuk menerima remisi.

“Dari 99 orang itu hari ini kebetulan ada yang habis masa tahanannya terpotong oleh remisi yaitu ada 2 orang, mereka dapat  langsung pulang, setelah masing-masing menerima remisi 1 bulan,” ungkapnya.

Ia merinci, dari 99 warga binaan itu, sebanyak 66 orang mendapatkan remisi 1 bulan.
Sedangkan penerima remisi 2 bulan ada 10 orang, penerima remisi 3 bulan 20 orang, dan yang terbesar penerima remisi 4 bulan ada 8 orang.

"Mereka terdiri dari berbagai jenis kasus, disamping menjalani masa tahanan di Lapas mereka juga mendapatkan pembinaan keterampilan kerja oleh pihak Rutan Kelas IIB Purbalingga.
Kegiatan tersebut dilakukan secara swadaya dengan sumber daya instruktur yang ada," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut turut diungkapkan oleh Mayor Inf Ahmad selaku Kasdim 0702/Purbalingga yang turut hadir mewakili Dandim dalam pemberian remisi ini," kepada warga binaan saya berharap, pemberian remisi oleh pemerintah ini dapat dijadikan sebagai semangat baru untuk tetap berbuat baik dengan mengikuti peraturan yang ada di Rutan," ujarnya.

Ditambahkan Kasdim, untuk warga binaan yang mendapatkan remisi diharapkan dapat diartikan sebagai upaya memperbaiki diri dan mempersiapkan diri untuk bisa kembali kepada masyarakat.

"Setelah bebas nantinya bisa hidup lebih baik lagi sehingga bisa kembali dan dapat berperan aktif di dalam lingkungan masyarakat," ungkapnya.

(Satria Ferry)