Antisipasi Penyebaran Covid-19, Secara Random Pengunjung Wisata Owabong Dilakukan Rapid Test

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Secara Random Pengunjung Wisata Owabong Dilakukan Rapid Test
Babinsa Koramil 04/Kutasari Sertu Mitrang turut memantau pelaksanaan Rapid Test secara random di Owabong cegah penyebaran Covid-19


PURBALINGGA-Dinas Kesehatan Jawa Tengah sejak tanggal 28/10/2020 kemarin mulai melaksanakan tes kesehatan bagi wisatawan dan pemudik yang masuk maupun yang berada di  beberapa obyek vital di Jawa Tengah. Seperti dikutip dari media Kausakata.Com sesuai informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo kepada awak media, di Jawa Tengah dirinci ada 7 sasaran tes diantaranya di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Wisata Dusun Semilir Kabupaten Semarang, wisata Dieng Wonosobo, Wisata Owabong Purbalingga, Wisata Tawangmangu Karanganyar, Candi Borobudur, dan Terminal Bus Kabupaten Pati.

Dipaparkan Yulianto, tes kesehatan terdiri dari Rapid Test dan PCR Test. Tes kesehatan dilakukan secara random hingga 1 November 2020 mendatang.

"Berkaitan dengan hal tersebut mohon bantuan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk kelancaran pelaksanaannya, " kata Yulianto dalam surat yang ditujukan kepada tujuh kepala dinas kesehatan di kabupaten/ kota pelaksana tes kesehatan.

Yulianto menambahkan, " tes kesehatan ini sebagai bentuk tindak lanjut perintah Gubernur Jawa Tengah  untuk mengantisipasi dan deteksi dini potensi penularan Covid-19, " katanya.

Pada pelaksanaanya di tempat wisata Owabong sesuai hasil koordinasi dengan pihak management  Owabong disediakan tempat tes di pintu keluar.
Tes dilaksanakan oleh tim dari Dinas Kesehatan Purbalingga, Balai Kesehatan Magelang dengan dibantu oleh Satpol PP, Polsek dan Koramil 04/Kutasari.

Diungkapkan Sertu Mitrang Babinsa Koramil 04/Kutasari yang turut terlibat dalam kegiatan ini, " dalam pelaksanaan Rapid Test yang dilaksanakan secara random  kepada pengunjung Owabong pada 31/10/2020, dari 23 orang pengunjung Owabong untuk hasil non reaktif. Diharapkan kepada pengunjung dan masyarakat Purbalingga dimanapun berada saat ini untuk lebih ekstra ketat melaksanakan protokol kesehatan diri, pasalnya Covid-19 masih ada di sekitar kita dan  akhir-akhir ini seperti dilaporkan dari beberapa sumber masih ditemukan adanya pasien baru terkonfirmasi Covid-19 dari beberapa kluster yang ada, " ungkapnya.

(Satria Ferry)