Bundaran Kodim Purbalingga Disasar Razia

Bundaran Kodim Purbalingga Disasar Razia
Anggota Kodim Purbalingga saat melaksanakan razia protokol kesehatan

PURBALINGGA - Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purbalingga yang diawaki diantaranya oleh anggota Kodim 0702/Purbalingga, Yonif 406/CK, Lanud JBS, Polres Purbalingga, BPBD dan unsur terkait lainnya menggelar razia penggunaan masker, menyasar warga dan para pengendara yang melintas di bundaran depan Makodim 0702/Purbalingga, Jl. S Parman No.1 Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, (8/10/2020).

Razia gabungan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Purbalingga pada umumnya  sekaligus sebagai  tindaklanjut dari pelaksanaan Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan  hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Tujuannya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk lebih tertib dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 terutama pemakaian masker, ” kata Kapten Arm Mindoko selaku Perwira Seksi Operasi Kodim 0702/Purbalingga.

Pelaksanaan peraturan tersebut, juga diikuti dengan penerapan sanksi secara langsung agar masyarakat lebih disiplin. Namun demikian, petugas juga tak sekedar mengingatkan maupun menindak tetapi petugas juga memberikan masker bagi warga yang terjaring razia.

“Ini adalah bentuk rasa cinta kita kepada masyarakat supaya tidak terpapar Covid-19. Sekaligus tidak lagi menjadi alasan masyarakat tidak mempunyai masker, ” tuturnya.

Ditambahkan Kapten Arm Mindoko, dari pengamatannya mayoritas masyarakat sudah melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 terutama pemakaian masker di tempat umum, namun demikian tetap masih ada yang belum memakai masker dengan alasan klasik lupa.

“Alhamdulillah masyarakat Purbalingga cukup tertib, meskipun masih ada saja yang tidak mengenakan masker dengan alasan lupa, ” ungkapnya di sela-sela melaksanakan razia. Pihaknya berharap, masker tidak lagi menjadi beban bagi masyarakat. Tapi sebaliknya, penggunaan masker dapat dijadikan sebagai gaya hidup di tengah pandemi Covid-19, ” pungkasnya.

(Satria Ferry)