Dalam Kerja Bhakti Rehab TPA juga Ada Imbauan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Dalam Kerja Bhakti Rehab TPA juga Ada Imbauan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19
TNI bersama masyarakat dan unsur 3 pilar di desa melaksanakan kerja bakti sekaligus melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan


PURBALINGGA - Taman Pendidikan Al-Qur'an (Disingkat TPA atau TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi. TPA/TPQ dapat dikatakan setara dengan RA dan taman kanak-kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Al-Qur'an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Melihat betapa pentingnya peran TPQ di masyarakat sebagai pendididkan non formal generasi muda yang positif membuat unsur desa Karangjambe  Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga bersama dengan Pos Ramil Padamara Kodim 0702/purbalingga, Bhabinkamtibmas dan masyarakat peduli tergerak hatinya untuk membantu melaksanakan kerja bhakti rehab TPQ Nurul Ikhlas  yang berada di wilayah  RT 02/RW 02 pada Minggu  (6/9/2020).

Sekitar 250 orang tergabung dalam aksi ini sesuai peran dan kemampuannya masing-masing, ada yang membantu menjadi tukang batu, langsir material, menyiapkan kusen dan material perkayuan serta objek kerja lainnya.
Moment kegiatan kebersamaan yang melibatkan masyarakat bersama 3 pilar yang ada di desa ini tak disia-siakan oleh Peltu Yamroni selaku Danpos bersama anggota untuk melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat yaitu salah satunya memberikan edukasi dan imbauan tentang pencegahan Covid-19.
’’Keberadaan TPA/TPQ di masyarakat adalah salah satu kegiatan yang positif,  keberadaannya harus betul-betul difungsikan perannya, pelaksanaan karya bhakti rehab ini sebagai upaya menuju kesana karenanya kepada masyarakat dan unsur lainnya yang terlibat kami ucapkan terima kasih. Selanjutnya menyikapi masih adanya Covid-19 di lingkungan kita mari tetap sama-sama kita laksanakan protokol kesehatan untuk menyelamatkan diri, keluarga maupun orang lain dari ancaman Covid-19, ’’ ungkap Peltu Yamroni.

Selanjutnya hal senada juga turut diungkapkan oleh Sunardi selaku Kades Karangjambe, ” terima kasih kepada semua unsur yang telah ikut melaksanakan kerja bhakti semoga mendapat pahala dari Allah SWT. Jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Purbalingga ada peningkatan, karenanya seperti yang disampaikan oleh Danpos Padamara, betul adanya mari kita selalu laksanakan protokol kesehatan secara ketat agar kita semua terhindar dari ancaman Covid-19, ” pesannya.

(Satria Ferry)