Kasal Resmikan Monumen TNI AL di Taman Kota Caruban Asti Madiun

    Kasal Resmikan Monumen TNI AL di  Taman Kota Caruban Asti Madiun
    Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat meresmikan Monumen TNI Angkatan Laut bertempat di Taman Kota Caruban Asti, Kabupaten Madiun pada Minggu (16/01/2022) - (Sumber: Dispenal)

    Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Monumen TNI Angkatan Laut bertempat di Taman Kota Caruban Asti, Kabupaten Madiun. Monumen tersebut dibangun sebagai wahana membangun dan membangkitkan jiwa bahari di kalangan generasi muda bangsa. Minggu (16/01/2022).

    “Monumen TNI AL menjadi media sosialisasi dan edukasi tentang TNI Angkatan Laut sekaligus menjadi wahana membangun dan membangkitkan jiwa bahari di kalangan generasi muda bangsa, sebagai bagian dari upaya mengembalikan kejayaan bangsa pelaut, ” ujar Kasal saat meresmikan monumen tersebut.

    Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bahwa pembangunan monumen tersebut merupakan bagian dari upaya TNI AL untuk mengenang dan meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan samudera. Selain itu dengan adanya monumen tersebut akan menjadi landmark patriotisme bahari di Kabupaten Madiun.

    “Kabupaten Madiun merupakan salah satu daerah yang sarat dengan peristiwa sejarah dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ” ujar Kasal.

    Selanjutnya Kasal menjelaskan bahwa monumen bernuansa maritim yang dibangun mewakili kekuatan armada TNI Angkatan Laut sebagai komponen utama pertahanan negara di laut.  Selain sebagai sarana untuk mengenang sejarah perjuangan dan pengabdian.

    “Monumen ini terdiri dari Pesawat Nomad N-24 P-843, Tank Amfibi PT 76, dan Meriam Howitzer Kaliber 122 Mm. Tiga Alutsista TNI AL yang sudah tidak dioperasikan ini mewakili sistem senjata armada terpadu TNI Angkatan Laut, ” ujar Kasal.

    Pada peresmian tersebut, Kasal berkesempatan untuk menjelaskan sejarah singkat tiga Alutsista TNI AL yang di bangun tersebut. Pesawat Nomad N-24 P-843 adalah ikon penerbangan TNI Angkatan Laut pada masanya. Pesawat produksi Australia ini memperkuat TNI AL pada tahun 1972 dan menjadi andalan utama TNI Angkatan Laut dalam tugas pengintaian dan patroli Maritim di wilayah Kepulauan Indonesia.

    Sementara itu menurut Kasal, Tank Amfibi PT-76 merupakan material tempur andalan Korps Marinir TNI Angkatan Laut buatan Uni Soviet yang digunakan sejak 1962 dan telah berjasa dalam berbagai operasi militer, antara lain Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi Seroja, dan operasi-operasi penting lainnya.

    Juga keberadaan Meriam Howitzer Kaliber 122 Mm meriam buatan Rusia yang masuk jajaran Korps Marinir pada 1961 sangat penting jasanya dalam operasi-operasi yang dilaksanakan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

    Mengakhiri sambutannya, Kasal berharap dengan adanya monumen Alutsista TNI Angkatan Laut ini, dapat memotivasi masyarakat luas, khususnya para generasi muda agar timbul rasa cinta tanah air semangat pantang menyerah, dan kebanggaan, serta dapat meneladani perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut di masa lampau.

    Kedatangan Kasal dalam kegiatan tersebut diiringi dengan kehadiran para Pejabat TNI AL dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono beserta jajarannya disambut Bupati Kabupaten Madiun, Wakil Bupati Kabupaten Madiun, Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Ketua DPRD Kabupaten Madiun, dan Forkopimda wilayah Madiun.

    Kasal dan rombongan dihibur dengan atraksi Pencak Silat “Seni Kampung Pesilat Indonesia” sebagai icon Madiun, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan monumen Pesawat Nomad N-24 P-843 di Taman Kota Caruban Asti, peninjauan vaksinasi di SDN Garon 02, dan diakhiri dengan peninjauan ke monumen Tank Amfibi PT-76 dan Howitzer Kaliber 122 Mm di exit tol Dumpil.

    Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut

    TNI AL Angkatan Laut Madiun Kasal Laksamana TNI Yudo Margono Monumen TNI AL Pelaut Taman Kota Caruban Asti
    Jumari Haryadi

    Jumari Haryadi

    Artikel Sebelumnya

    TNI AL Komitmen Modernisasi Alutsista dan...

    Artikel Berikutnya

    Anak Petani Madiun Bisa Menjadi Kasal

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Basory Wijaya verified

    ARB Surabaya

    ARB Surabaya verified

    Postingan Bulan ini: 162

    Postingan Tahun ini: 435

    Registered: Oct 4, 2021

    Maskuri

    Maskuri verified

    Postingan Bulan ini: 157

    Postingan Tahun ini: 258

    Registered: Mar 9, 2022

    Kusdiyono

    Kusdiyono verified

    Postingan Bulan ini: 147

    Postingan Tahun ini: 946

    Registered: Feb 23, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 95

    Postingan Tahun ini: 532

    Registered: Sep 23, 2021

    Profle

    Agung widodo verified

    Ketua Gayo Musara  Aceh Tenggara Berikan Bantuan Korban Kebakaran Desa Lawe Beringin Gayo 
    Masyarakat Pasar Puntung Gelar Doa Tolak Bala Bersama
    Tak Kenal Libur, Satgas TMMD ke-113  Kodim 0305/Pasaman Tetap Semangat Goro
    Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD

    Follow Us

    Recommended Posts

    Tindak Lanjuti Arahan Menko Marves, Dandim 0811 Tuban dan Kapolres Cek Harga Migor Curah di Pasar
    Danramil 415/Telanaipura Ajak Anggota Tumbuhkan Kepedulian Kepada Anak Yatim
    Peran Babinsa Dalam Menunjang Program TMMD di Desa Kaligede Senori Tuban
    Kunjungan Kerja Danrem   101/Antasari Ke Wilayah Kodim 1005/Barito Kuala
    Pangdam V/Brawijaya Bersama Forkopimda Jatim Cek Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional