Netralitas TNI Harga Mati, Kodim 0305/Pasaman Siap Sukseskan Pilkada

Netralitas TNI Harga Mati, Kodim 0305/Pasaman Siap Sukseskan Pilkada

PASAMAN - Kodim 0305/Pasaman menjamin akan selalu netral dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Sebab, netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dandim Letkol Inf Ahmad Aziz, orang nomor satu di satuan Kodim 0305/Pasaman kembali mengingatkan pentingnya netralitas TNI dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Kembali di ingatkan seluruh jajaran diwilayah. Netralitas TNI itu harga mati, tidak berpolitik praktis," kata Dandim Letkol Inf Ahmad Aziz, kepada Indonesiasatu.id, Rabu (09/09/2020).

Dandim juga mengingatkan dan mengajak, implementasikan netralitas TNI di dalam kegiatan sehari-hari. Setiap personel wajib menjaga nama baik TNI dimata masyarakat, baik secara perorangan maupun satuan.

“Setiap pajurit TNI wajib menunjukkan sikap yang tidak memihak dan tidak memberikan dukungan kepada salah satu kontestan Pilkada. Seandainya ada yang coba-coba terlibat langsung dalam politik praktis, maka akan diproses secara hukum,” ancam Dandim.

Selanjutnya, Kasdim 0305/Pasaman Mayor Inf Supadi menambahkan, peran, fungsi dan tugas pokok TNI sebagai alat pertahanan negara yang mendukung dan melaksanakan kebijakan politik negara. Serta menjabarkan tentang pedoman dan larangan bagi anggota TNI dalam menghadapi hajatan Pilkada.

“Prajurit TNI dilarang menggunakan sarana infrastuktur atau bangunan, dan sarana transportasi serta inventaris TNI lainnya untuk kepentingan kelompok tertentu dalam Pilkada,” katanya