Penyuluhan Industri Kecil Digelar pada Kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap III  Kodim Purbalingga

Penyuluhan Industri Kecil Digelar pada Kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap III  Kodim Purbalingga
Penyuluhan tentang industri kecil oleh Dinperindagkop Kabupaten Purbalingga pada TMMD Sengkuyung Tahap lll Tahun 2020 Kodim 0702/Purbalingga

PURBALINGGA-Kondisi perekonomian yang dirasa melemah saat ini karena dampak Covid-19 dapat dikatakan berdampak di semua daerah dan di semua sektor perekonomian, kekhawatiran yang ada seringkali masalah ekonomi  dapat mengakibatkan munculnya masalah-masalah sosial lainnya.

Kodim 0702/Purbalingga bersama Dinperindagkop Kabupaten Purbalingga melalui program non fisik TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2020  berupaya untuk meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat Desa Selagangeng dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang usaha industri kecil.
Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Selagangang, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, (30/09/2020).

Hendro P Kabid Disperindag ( Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Purbalingga sebagai pemberi materi salah satunya manyampaikan tentang pengertian industri kecil.

"Industri kecil adalah industri yang membutuhkan modal dan tenaga kerja yang relatif kecil, namun lebih banyak dibanding modal yang digunakan industri rumah tangga.
Terdapat jumlah tenaga kerja sebanyak 5-19 orang dan teknologi produksi yang digunakan terbilang sederhana, " jelasnya.

"Umumnya merupakan usaha sampingan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, " tambahnya.

Industri kecil mempunyai peran yang sangat strategis untuk dapat meningkatkan pendapatan, perluasan kesempatan kerja, peluang kesempatan usaha dan juga dapat mengatasi kemiskinan.

"kegiatan ini bertujuan meningkatkan para pelaku usaha kecil dan menengah serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara bertahap, mengubah struktural perekonomian kearah yang lebih baik dan maju, terutama untuk menambah perekonomian  keluarga, " pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut karena masih dalam Pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan prosedur protokol kesehatan secara ketat yaitu memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan degan sabun maupun hand sanitizer.

( Satria Ferry)