Purbalingga Kembali Getol Laksanakan Razia Masker

Purbalingga Kembali Getol Laksanakan Razia Masker
Himbauan protokol kesehatan terutama penggunaan masker disosialisasikan kepada pelanggar saat razia

PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten Purbalingga kembali menggalakkan operasi terpadu penertiban penggunaan masker.
Hal ini menyusul adanya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta menindaklanjuti surat nomor : 300/16251 Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga, mencermati perkembangan terkini adanya penambahan jumlah Kasus positif di Kabupaten Purbalingga.

Seperti diungkapkan oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Purbalingga Drs. Suroto, M.Si., " rencananya operasi terpadu akan getol dilaksanakan di seluruh wilayah kecamatan se-Kabupaten Purbalingga mulai hari ini, (24/8/2020).
Operasi ini bertujuan untuk menertibkan  warga masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan khususnya penggunaan masker.

"Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Purbalingga  tengah menyiapkan regulasi terkait sanksi yang akan diberikan manakala ada yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, " ungkapnya.

"Sembari menunggu regulasi tentang sanksi yang akan diberikan, razia gabungan akan lebih diintensifkan pelaksanaaannya namun lebih kepada persuasif tetapi tegas, dalam pelaksanaannya rencana razia akan digelar selama 5 bulan  secara intensif dengan pelaksanaan 12 kali dalam sebulan" tambahnya.

Salah satu kegiatan razia yang dilaksanakan pada Senin, 24 Agustus 2020 yaitu diantaranya di depan Pendopo Dipokusumo, dan di depan SMA Muhammadiyah Purbalingga  oleh Tim Gabungan yang terdiri dari Koramil 01/Purbalingga, Lanud JBS, Polres dan Polsek Purbalingga, Satpol PP, Dinhub dan Dinkes Kabupaten Purbalingga.

Diungkapkan oleh Pelda Sajiman salah satu anggota Tim Terpadu dari Koramil 01/Purbalingga, " pada razia hari ini masih ditemukan sebanyak 60 orang yang belum sadar mengunakan masker, bagi pelanggar selain mendapatkan sosialisasi protokol kesehatan dari Tim juga mendapatkan hukuman peringatan berupa Push Ups dan menghapal Pancasila.
Hukuman bukan menyiksa tetapi agar pelanggar ingat dan sadar akan pentingnya menggunakan masker di saat situasi pendemi seperti saat ini. Di wilayah sosialisasi yang lebih masif juga dilakukan melalui berbagai media dan sesuai perintah Dandim 0702/Purbalingga tiap-tiap Koramil juga melaksanakan razia yang sama secara  bergiliran, " ungkapnya.

(Satria Ferry)