Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Labuan Bajo, Pasukan Gabungan TNI Polri Gelar Apel Pengamanan VVIP

Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Labuan Bajo, Pasukan  Gabungan TNI Polri Gelar Apel Pengamanan VVIP
Pasukan Gabungan TNI Polri Gelar Apel Pengamanan VVIP

LABUHAN BAJO - Apel Gelar Pasukan gabungan TNI Polri Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo di halaman kantor Bupati Manggarai Barat, Kamis (1/10/2020).

Gelar pasukan dipimpin langsung Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana Bali Mayjen TNI Kurnia Dewatara, S.I.P didampingi Kapolda NTT lrjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum, Danrem 161 Wirasakti NTT Kol Inf Samuel Petrus Hehakaya, Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula.

Pukul 7.30 WITA, Apel gelar pasukan pengaman VVIP Kunjungan Kerja Persiden RI Ir Joko Widodo di Labuan Bajo Kabupaten Mabar diikuti sekitar 1000 personil gabungan TNI dan Polri serta aparat terkait.

Pangdam IX Mayjen TNI Kurnia Dewatara, S.I.P dalam arahannya mengatakan saya bersama Bapak Kapolda Nusa Tenggara Timur ucapkan terima kasih dan apresiasi dan rasa bangga kami karena dalam waktu yang relatif singkat prajurit dan unsur-unsur pendukung yang lainnya bisa berkumpul merencanakan dan menyiapkan rencana pengamanan kunjungan Presiden Republik Indonesia di labuan Bajo ini.

Dikatakan Pangdam Mayjen Kurnia, kita pahami kondisi wilayah dan kondisi satuan di Labuan Bajo cukup terbatas dengan kesungguhan semangat yang dimiliki oleh rekan-rekan prajurit bahkan ada yang berangkat dari Ende cukup jauh bisa hadir di sini.

"Sekali lagi saya dan Bapak Kapolda bangga kepada para peserta apel, bahwa Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi perhatian nasional bahkan dunia. Pada hari ini bapak Presiden Republik Indonesia akan meninjau beberapa objek untuk mendukung destinasi wisata tersebut maka kita semua memiliki tanggung jawab mengamankan serta menyukseskan kunjungan Bapak Presiden Republik Indonesia tersebut, " ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya menyampaikan sejak dini sebelum kunjungan ini dan walaupun mendadak kemarin tahapan-tahapan dalam rangka pengamanan, saya bersama-sama bapak Kapolda NTT Bapak Danrem, Dandim, bapak Kapolres, kabinda dan unsur-unsur terkait lainnya kemarin sudah melaksanakan Rakorwil dan Rakorpam dalam rangka pengamanan kunjungan Kerja Presiden RI.

Pangdam Kurnia berharap Para Subsatgas untuk memberikan Briefing kepada anggotanya agar mengetahui tugasnya masing-masing seta dapat melaksanakan PAM VVIP dgn sebaik-baiknya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asintel Kol Arh I Made kusuma Dhyana, Asops Kol inf Rachmad Zulkarnaen, Danpomdam Letkol cpm Darmawan Agus irianto, Dandim 1612/ Mgr Letkol Kav Ivan Alfa S.Sos, Dirlantas Kombes pol Iroth Lorens Reky SIK.

Kemudian Kapolres Mabar AKBP Bambang Hariwibowo SIK, MSI, Paspampres, Danlanal Kolonel Totok, Kaban Kesbangpol Mabar Drs.Paulus Salasa, Dan BKI, Kapten Inf Darlan, Danyon 743/ Psy, Mayor inf Sunaryo, Wadan Denintel Mayor Dhavid, Kasmin Pangdam, Dirlantas Kombes pol Iroth Lorens Reky SIK. (***)