Sebanyak 4.180 Prajurit Zeni TNI AD Miliki Sertifikat Keahlian Bidang Konstruksi

Sebanyak 4.180 Prajurit Zeni TNI AD Miliki Sertifikat Keahlian Bidang Konstruksi

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan Program Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi sebagai upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang konstruksi, yang juga merupakan salah satu program Kementerian PUPR dalam mendukung visi Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin pada periode 2019-2024.

Sebagai upaya nyata mewujudkan hal tersebut, Kementerian PUPR terus berupaya meningkatkan jumlah SDM konstruksi dengan cara menggandeng seluruh stakeholders konstruksi termasuk Kementerian/Lembaga untuk bersama mewujudkan tenaga kerja konstruksi Indonesia berkompetensi yang dijamin melalui sertifikat.

Kali ini Kementerian PUPR menggandeng TNI Angkatan Darat (AD) untuk turut menjamin kompetensi para prajurit TNI AD dalam membangun infrastruktur terutama di daerah perbatasan atau rawan konflik yang perlu penanganan khusus.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa pembangunan Infrastruktur memerlukan kerja sama dari semua pihak, termasuk militer. Dan hal ini sudah terbukti di mana tidak sedikit proyek infrastruktur terutama di daerah rawan yang mendapat pengawalan militer, bahkan mereka pun terjun langsung dalam pelaksanaan konstruksi.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Zeni TNI AD yang turut menjalankan amanat Undang-Undang No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja pada pembangunan konstruksi harus memiliki kompetensi dan kualitas yang terjamin melalui sertifikat. Untuk itu kini saatnya TNI AD pun mendapat program sertifikasi kompetensi tenaga kerja, ” kata Menteri Basuki melalui siaran pers yang diterima pada Jumat (2/10/2020).

Kegiatan sertifikasi kompetensi bidang konstruksi ini merupakan usulan dari Direktorat Zeni Angkatan Darat kepada Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi bagi 4.180 tenaga kerja konstruksi Prajurit Zeni TNI AD, baik Ahli maupun Terampil. Dinyatakan kompeten adalah sebanyak 4.128 orang, sementara yang belum kompeten adalah sebanyak 52 orang.

Kegiatan sertifikasi kompetensi tersebut dilaksanakan oleh beberapa Balai Jasa Konstruksi Wilayah bagi Prajurit Zeni AD di seluruh Indonesia yaitu, Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh sebanyak 188 orang, Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang 313 orang, Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta 1.398 orang, Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya 868 orang, Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin 477 orang, Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makasar 176 orang, Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura 4.180 orang. (***)

PUPR TNI
WartaMiliter.com

WartaMiliter.com

Previous Article

David Darussalam Terharu Rumahnya Selesai...

Next Article

Kunjungi Indragiri Hilir, Ini Agenda Waaster...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry

Muhis

Muhis

Postingan Bulan ini: 104

Postingan Tahun ini: 162

Registered: Jan 15, 2021

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 94

Postingan Tahun ini: 176

Registered: Jul 11, 2020

ANDHI TIMOR SETIAWAN

ANDHI TIMOR SETIAWAN

Postingan Bulan ini: 59

Postingan Tahun ini: 120

Registered: Aug 24, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 120

Registered: Jul 17, 2020

Profle

Muhis

Wujud Kedekatan Babinsa dengan Warganya, Serda Sukrin Hadiri Acara Pembukaan Lahan TPU Desa Teromu
Dukung Ketahanan Pangan, Dandim Magelang Ikut Panen Klengkeng
Kunjungi Posko Mikro Desa Kembanglimus, Dandim Magelang : Ini yang Benar
Tekan Penyebaran Covid-19, Babinsa Koramil 14/Mangkutana dan Tiga Pilar Kalaena Gelar Operasi Yustisi

Follow Us

Recommended Posts

Bersama Warga, Prajurit Satgas Pra TMMD Bahu-Membahu Angkat Pasir
Pra TMMD Wonosobo dari Gelar Bebatuan Hingga Lakukan Perolakan
Pasca Panen, Babinsa Manggeng Dituding Jadi Biang Keberhasilan Petani
Dukung Swasembada Pangan Dimasa Pandemi Covid-19, Babinsa Ramil 20/Ptb, Bantu Petani Panen Singkong
TNI-POLRI Kawal Pendistribusian Vaksin Covid-19 Tahap Ke II

Random Posts