TNI AL Tangkap 8 Kapal Pencuri Batu Bara

    TNI AL Tangkap 8 Kapal Pencuri Batu Bara
    Beberapa personil TNI AL tampak berjaga-jaga mengawasi para pencuri batu bara yang sudah tertangkap pada Senin (17/01/2022) kemarin (Sumber: Dispenal)

    Jakarta - TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui unsur patroli Pangkalan TNI AL Balikpapan dengan mengerahkan 3 speed dari Posal Anggana dan Posmat Muara Pegah berhasil mengamankan 47 kru ABK, serta barang bukti berupa 8 Kapal motor (Klotok) dan 31 ton batu bara hasil curian tindak  pencurian tongkang  batubara di daerah muara kembang buoy 17 samarinda. Mereka disergap saat sedang beraksi memindahkan batu bara dari tongkang ke kapal motor. Senin (17/01/2022).

    Penangkapan yang dipimpin langsung Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo telah diawali dengan patrol intensif secara terus menerus baik pagi hari, siang, maupun malam hari sehingga pada tanggal 17 Januari 2022 sekira pukul 21.10 WITA unsur patroli Lanal Balikpapan berhasil menangkap dan mengamankan mereka.

    Kegiatan  ini merupakan tindak lanjut dari berita video viral mengenai pencurian batu bara, sekaligus  mendukung kebijakan pemerintah yaitu 25% batu bara untuk lokal maka Lanal Balikpapan sesuai dengan perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana  TNI Yudo Margono untuk lebih intensif melaksanakan patroli dan menegakkan hukum dan aturan sesuai dengan UU No 34 tentang TNI. 

    Danlanal Balikpapan dihadapan awak media mengungkapkan bahwa kegiatan penangkapan ini merupakan tindakan tegas yang dilakukan mengingat perkembangan situasi nasional terhadap kebutuhan terhadap batu bara.

    Menurut Danlanal Balikpapan para  pelaku pencurian merupakan masyarakat lokal dan sebagian pendatang yang bekerja sebagai cleaning tongkang batubara yang selesai muat dari vessel dan proses kembali. Kegiatan cleaning ini merupakan kearifan lokal yang sudah sejak lama turun temurun dan dijadikan sebagai mata pencaharian yang hasil cleaning mereka tumpuk dan mereka jual kembali ke perusahaan-perusahaan batu bara. 

    “Namun kali ini diakibatkan terdesak pemenuhan biaya kebutuhan sehari-hari karena sudah kurang lebih dua minggu tidak ada muatan mengakibatkan mereka nekat melakukan pencurian, ” ujar Danlanal.

    Saat ini seluruh kapal motor dan kru disandarkan di Posal Anggana dikarenakan merupakan Posal terdekat dari lokasi untuk tindak lanjutnya dan  sesuai prosedur maka akan ditindak lanjuti sesuai aturan dan hukum yang berlaku dengan berkoordinasi dengan Dinas Hukum TNI AL untuk penyidikan mengingat ukuran 8 kapal yang beragam dari mulai 4 GT sampai paling besar 28 GT sehingga perlu adanya pendalaman. 

    Hadir dalam kegiatan Pasintel Lanal Balikpapan Mayor Laut (S) Arfin Trimedianto, Danunit Lanal Balikpapan Kapten Mar Arif Simamora, Dankal Sepinggan Lettu Laut (P) Dedy, Danposmat Muara Pegah Pelda Sudarno beserta seluruh unsur patroli.

    Sumber berita: Dinas Penerangan Angkatan Laut.

    Batu bara pencurian Danlanal TNI AL Kolonel Laut (P) Siswo Widodo Laksamana  TNI Yudo Margono Kasal Hukum Lanal Balikpapan
    Jumari Haryadi

    Jumari Haryadi

    Artikel Sebelumnya

    Anak Petani Madiun Bisa Menjadi Kasal

    Artikel Berikutnya

    Kasal Hadiri Perayaan Natal Bersama Umat...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Basory Wijaya verified

    ARB Surabaya

    ARB Surabaya verified

    Postingan Bulan ini: 162

    Postingan Tahun ini: 435

    Registered: Oct 4, 2021

    Maskuri

    Maskuri verified

    Postingan Bulan ini: 157

    Postingan Tahun ini: 258

    Registered: Mar 9, 2022

    Kusdiyono

    Kusdiyono verified

    Postingan Bulan ini: 147

    Postingan Tahun ini: 946

    Registered: Feb 23, 2021

    YUDIK

    YUDIK verified

    Postingan Bulan ini: 95

    Postingan Tahun ini: 532

    Registered: Sep 23, 2021

    Profle

    Agung widodo verified

    Ketua Gayo Musara  Aceh Tenggara Berikan Bantuan Korban Kebakaran Desa Lawe Beringin Gayo 
    Masyarakat Pasar Puntung Gelar Doa Tolak Bala Bersama
    Tak Kenal Libur, Satgas TMMD ke-113  Kodim 0305/Pasaman Tetap Semangat Goro
    Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD

    Follow Us

    Recommended Posts

    Gerak Cepat TNI Dalam Langsir Matrial Pengaspalan Jalan
    Tindak Lanjuti Arahan Menko Marves, Dandim 0811 Tuban dan Kapolres Cek Harga Migor Curah di Pasar
    Danramil 415/Telanaipura Ajak Anggota Tumbuhkan Kepedulian Kepada Anak Yatim
    Peran Babinsa Dalam Menunjang Program TMMD di Desa Kaligede Senori Tuban
    Kunjungan Kerja Danrem   101/Antasari Ke Wilayah Kodim 1005/Barito Kuala